fbpx

7 Cara Menyeduh Kopi (FAQs)

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang, bahkan menjadi jenis minuman favorit. Citarasa kopi akan didapatkan sesuai selera, tetapi bergantung pada cara menyeduh kopi yang digunakan. Karena banyak masyarakat yang menggunakan metode berbeda dalam pembuatan kopi.

Beragamnya cara membuat kopi dari menggunakan teknik tradisional hingga modern ini membuat banyak kedai kopi atau memakai cara yang bereda dalam menyajikan racikan kopi terbaik mereka. Beberapa cara ini juga bisa Anda terapkan di rumah sendiri jika ingin menyeduh kopi dengan cara yang berbeda.

Macam Cara Menyeduh Kopi

1. Bagaimana Cara Membuat Coffee Drip?

Metode drip method juga dikenal dengan nama Filter Method yakni kopi tetes, cara membuat kopi yang satu ini merupakan yang paling populer dari segi efisiensi dan kesederhanaannnya. Sehingga banyak orang dengan mudah membuat kopi dengan cara ini.Cara pembuatannya adalah siapkan kopi bubuk pada kertas saring yang ditempatkan diatas cangkir, kemudian tuang air panas dari atas kertas menuju bejana kopi. Kemudian cara menyeduhnya cukup panaskan bejana kopi sampai kopi siap untuk disajikan.

2. Bagaimana menyeduh Kopi dengan metode French Press?

Metode menyeduh kopi french press merupakan yang terpopuler kedua setelah drip method, metode ini juga disebut dengan nama plunger atau cabfetiere. Dengan cara ini Anda dapat mengekstrak banyak cita rasa kopi, harganya alatnya pun terjangkau di pasaran.

3. Bagaimana Cara membuat Turkish Coffee?

Metode Turkish Coffe atau juga disebut Arab Method, merupakan cara yang paling pertama digunakan untuk membuat kopi, kemudian citarasa yang dihasilkan juga sangat pekat dan kuat. Namun, tidak semua orang suka akan citarasa kopi yang dihasilkan.

Cara ini membuat Anda untuk menggiling kopi secara manual menggunakan lesung dan alu, atau Anda bisa memakai alat penggiling disebut kahve dagirmeni. Setelah itu hasil gilingan di taruh dalam sebuah bejana yang disebut ibrik dicampur dengan gula dan air.

4. Bagaimana cara menyeduh kopi dengan Metode Percolator?

Metode menyeduh kopi dengan menggunakan percolator atau alat penyaring merupakan metode yang paling sering digunakan sebelum pemakaian cara drip method. Anda mungkin kerap melihat alat ini dalam sebuah film-film jaman dulu.

Proses pembuatannya, air yang mengalir berputar melalui penampung yang terdapat pada bagian bawah. Kemudian menuju ke kopi bubuk yang berada di atasnya, hingga semakin ke atas dan siap untuk disajikan, aromanya harum tetapi rasanya tak terlalu enak.

5. Bagaimana Cara Membuat Kopi Espresso?

Cara membuat kopi espresso termasuk metode modern yakni menggunakan mesin dalam pembuatan kopi. Terdapat dua jenis mesin espresso, manual dan otomatis, biasanya di kebanyakan kedai kopi mereka akan menggunakan mesin espresso yang manual.

Jika Anda ingin membuatnya dirumah, sangat direkomendasikan memakai mesin Espresso tipe otomatis karena lebih praktis digunakan. Dapat dikatakan bawah mesin espresso merupakan mesin kopi canggih karena fitur yang dimiliki serba praktis.

Salah satu kelebihan yang dimiliki mesin espresso misalnya adalah pengaturan suhu, jadi Anda tidak perlu repot-repot berusaha keras menjaga suhu saat penyeduhan kopi, agar mendapat hasil yang maksimal dengan citarasa yang diinginkan.

6. Cara Menggunakan Metode Vacuum (Metode Syphon)?

Merupakan cara penyeduhan kopi dengan nama lain siphon, cara kerja shipon sangat lambat dan prosesnya pun cukup unik. Caranya, air dipanaskan hingga mendidih dalam sebuah teko gelas, diatas teko ini sudah ada kopi bubuk dalam bejana gelas.

Air yang mendidih akan naik ke bejana gelas berisi kopi bubuk tadi, kemudian aduk selama satu menit. Namun, ketika kopi telah disiapkan di bejana gelas masih terdapat ampas kopi, tetapi hal ini normal yang terjadi dalam pembuatan kopi.

Ketika suhu air di teko gelas pada bagian bawah telah mendingin, air kopi di bejana gelas akan turun ke bawah, karena gravitasi atau perbedaan tekanan. Lalu, ampas kopi akan tetap tertinggal di atas kertas saring, dan kopi pun siap disajikan.

7. Bagaimana Cara menyeduh dengan Metode Cold Brew?

Istilah keren cara penyeduhan kopi ini disebut dengan cold water method atau cold brew coffe, cara ini direkomendasikan bagi Anda yang suka menunggu dalam artian lain sabar menunggu. Perlu Anda ketahui, sebelum disajikan, kopi harus didiamkan selama kurang lebih 12 jam.

Namun, siapa sangka kopi ini memiliki manfaat yang sangat baik, kopi hasil penyeduhan dengan menggunakan cold brew sangat ramah untuk perut Anda yang sensitif karena sama seperti asam. Cara penyajiannya, bisa panas, dingin dengan es batu atau dicampur dengan bahan lain.

Kopi dingin juga sudah mulai banyak diracik di Indonesia, paling banyak terjadi di Jakarta. Namun, setiap racikan kopi dingin pada kedai kopi berbeda-beda, karena penyeduhannya menunggu selama kurang lebih 12 jam lamanya.

Beberapa penjelasan singkat di atas merupakan sedikit cara menyeduh kopi, baik menggunakan teknik tradisional maupun cara modern. Setiap cara dari penyeduhan kopi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, mulai dari prosesnya, lama waktu diseduh, hingga cita rasa kopi yang dihasilkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0